Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan Jalan Jendral Sudirman No. 9 (by Pass) Rantau 71111 Kalimantan Selatan Telp : (0517) 31330 / 32419 email : kpu.kabupatentapin@gmail.com
Hari Lagi
AYO MEMILIH !!!!
JANGAN LUPA
27 Juni 2018
BERITA DETAIL
KPU OPTIMIS SIDALIH AKAN BERJALAN





 Jakarta, kpu.go.id,- Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fery Kurnia Rizkiansyah optimis akan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) yang digunakan KPU dalam menyusun daftar pemilih pemilu. Selain untuk mendeteksi dan mengecek data ganda yang ada dalam daftar pemilih, Sidalih juga dipergunakan sebagai proses perekaman data yang pertama dilakukan di Indonesia.
 
“Sekarang secara online masyarakat dapat mengecek di website KPU apakah namanya terdaftar atau tidak dalam daftar pemilih. Selain itu, akan ketahuan berapa jumlah orang dalam satu TPS dan data ganda. Ini kita optimalkan supaya nantinya proses DPT (Daftar Pemilih Tetap) serta proses pemungutan dan penghitungan suara tidak ada keraguan lagi,” paparnya.

Hal itu dikemukakan Ferry, Rabu (28/8), dalam uji publik aplikasi sidalih sebagai salah satu kesiapan KPU dalam menghadapi Pemilu 2014 yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut Komisioner KPU lainnya Juri Ardiantoro dan Arief Budiman, Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Daniel Zuchron, perwakilan partai politik, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), kementerian/lembaga, NGO-LSM serta beberapa media dan tamu undangan lainnya.

Ada hal penting dalam aktivitas demokrasi yakni peningkatan partisipasi masyarakat yang menjadi core demokratis partisipasi Pemilu, dan pemilih harus memastikan namanya terdaftar sebagai pemilih.

Proses pemutakhiran data pemilih, lanjut Ferry, dimulai dari sinkronisasi Data Aggregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2), Data Pemilih Potensial Pemilih Pemilu (DP4), kemudian menghasilkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) oleh  Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) serta DPSHP untuk diberikan tanggapan oleh masyarakat.

“Dengan semangat keterbukaan di setiap aktivitas tahapan pemilu, kita sudah upayakan sinkronisasi dengan seoptimal mungkin. Ada kewajiban berkesinambungan sampai pemilu berikutnya dalam proses perekaman data pemilih dari awal sampai dengan akhir,” tutur mantan Ketua KPU Provinsi Jabar itu.
 
Ia berharap data pemilih yang terekam menjadi data yang optimal. Oleh Karena itu, perlu dukungan dari berbagai pihak  baik parpol, aktivis penggiat  pemilu, dan stakeholders lainnya untuk pemilu yang lebih baik. (Sumber : www.kpu.go.id/oo/mtr/red. FOTO KPU/oo/hupmas )


PENGUMUMAN
AGENDA
BANK DATA
BUKUTAMU
admin : Bagusssssssss

PENGUNJUNG
Hari Ini 1
Bulan Ini 28
Hits 97609
Online 26667
Total Kunjungan 26667