Sukseskan Pemilihan Serentak 2020 di 9 Provinsi 224 Kabupaten 37 Kota; KPU Kabupaten Tapin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tapin, Pemerintah Daerah dan semua pihak atas partisipasinya pada Pemilu Tahun 2019. Tingkat partisipasi pemilu 2019 di kab Tapin 88,14 % tertinggi se Kalsel. Serta kami seluruh Komisoner dan Sekretariat KPU Kab. Tapin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin🙏🏻, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan Jalan Jendral Sudirman No. 9 (by Pass) Rantau 71111 Kalimantan Selatan Telp : (0517) 31330 / 32419 email : kpu.kabupatentapin@gmail.com
Hari Lagi
Coming Soon, Pilgub Kalsel 2020
JANGAN LUPA
00 0000
BERITA DETAIL
KPU Kebut Pengesahan PKPU untuk Pilkada Serentak

 

Indo Pos, JAKARTA - Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) untuk pemilihan kepada daerah (pilkada) serentak 2015 tengah dikebut. KPU menargetkan aturan tersebut disahkan awal April mendatang. Sedangkan, revisi draf PKPU dijanjikan rampung dalam satu minggu ini agar agenda pilkada serentak tidak terhambat.

"Sementara PKPU kita bahas. Kemungkinan sekitar April awal baru turun," ungkap Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Komisioner KPU kepada INDOPOS, Rabu (4/2).

Dia mengaku, pihaknya menargetkan mampu menyelesaikan revisi draf peraturan KPU (PKPU) mengenai pilkada serentak dalam satu minggu. Saat ini proses perbaikan masih terus berlangsung dan diharapkan pada minggu kedua Maret, draf PKPU tersebut sudah bisa diuji publikkan.

Ferry mengatakan, dari 10 PKPU yang disiapkan untuk pelaksanaan pilkada serentak, ada tiga draf PKPU yang telah selesai pembahasannya di tingkat internal yakni, PKPU tentang tahapan, PKPU tentang logistik, dan PKPU tentang partisipasi masyarakat.

"Sudah tiga dan untuk selanjutnya akan kita bahas juga PKPU kampanye, pemutakhiran data pemilih dan pencalonan," ujarnya.

Menurut dia, langkah cepat KPU ini ditujukan agar pada minggu ke-tiga dan ke-empat Maret, pihaknya sudah bisa berkonsultasi dengan pemerintah dan DPR. Untuk kemudian pada April 2015 ke-10 PKPU itu sudah bisa digunakan. "Kami berharap awal April sudah bisa disahkan," tandasnya. Adapun pada pembahasan PKPU tahapan, lanjutnya, sempat terjadi perdebatan di KPU tentang penentuan waktu pelaksanaan pemungutan suara pilkada. Saat ini, sudah ada tiga alternatif yang dapat digunakan, antara lain dua, sembilan, dan 16 Desember 2015. Ketiganya menurut Ferry, sudah dilakukan simulasi masing-masing untuk melihat sisi positif dan negatifnya.

"Kita memang mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk pengaruhnya terhadap logistik, sosialisasi, bimtek (bimbingan teknis, red), juga soal sengketa," imbuh Ferry.

Terpisah. Ketua Komisi II DPR RI, Rambe Kamarul Zaman memastikan konsultasi PKPU akan diadakan setelah DPR menyelesaikan masa resesnya 23 Maret mendatang. PKPU pertama yang akan segera dibahas adalah mengenai waktu dan tahapan pilkada.

"Nanti setelah tanggal 23 Maret, setelah kita buka sidang, baru KPU berkomunikasi dengan Komisi II masalah penjadwalan," terangnya.

Ditambahkan anggota DPR RI lainnya. Amirul Tamim, dia meminta KPU mematuhi aturan dalam menyelenggarakan pilkada. Karena, di dalam Undang-undang pilkada yang sudah disahkan pemerintah disebutkan bahwa penyelenggaraan pilkada serentak dilaksanakan tiga gelombang dan peserta pilkada setiap gelombang sudah disebutkan dengan jelas.

Pilkada gelombang pertama yang akan digelar Desember 2015, kata dia, pesertanya adalah daerah-daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada tahun 2015 dan semeter 1 tahun 2016. Sedangkan peserta pilkada gelombang kedua, adalah daerah-daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir semester II tahun 2016 dan tahun 2017.

Terakhir pilkada gelombang ketiga, akan digelar tahun 2018, dengan peserta daerah yang masa jabatannya berakhir tahun 2018.

"Merujuk pada aturan itu, tidak boleh ada daerah yang meminta penyelenggaraan pilkadanya dipercepat atau diundur pada gelombang berikutnya," tegas poolitisi asal daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tenggara itu. (aen) Sumber : Indo Pos Hal: 4 & www.kpu.go.id


PENGUMUMAN
LOMBA PADUAN SUARA PEMILU 2019 Ayo Semarakkan LOMBA PADUAN SUARA PEMILU 2019 untuk SLTA/Sederajat Se Kabupaten Tapin Pengumuman dapat diunduh disini Jingle PEMILU 2019 " PEMILIH BERDAULAT Selengkapnya...
AGENDA
BANK DATA
BUKUTAMU
admin : Mohon Maaf atas ketidak nyamanan nya, namun Kami tetap mengusahakan agar website KPU Kabupaten Tapin untuk selalu update, atas kritik dan sarannya di ucapkan terima kasih.

admin : https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/index.php/rekap/kec/62861

Nissa : gak update

rieko : DPT KAB.TAPIN TAHUN 2019

admin : Bagusssssssss

PENGUNJUNG
Hari Ini 16
Bulan Ini 1108
Hits 164244
Online 43308
Total Kunjungan 43308